Macam-macam Bentuk Kubah Masjid

Macam-macam Bentuk Kubah Masjid

Kubah merupakan atap melengkung setengah lingkaran yang biasanya di letakkan di bagian atas pada suatu bangunan. Jika berbicara tentang kubah yang ada di dalam fikiran kita adalah bangunan masjid walaupun bukan hanya masjid yang memiliki kubah. Contohnya di Negara Rusia, banyak kubah-kubah yang indah menghiasi bangunan tempat beribadah umat Kristen orthodox.

Mengapa banyak kubah yang kita lihat terdapat pada bagian atas atap bangunan masjid? Berikut beberapa alasannya :

  • Kubah yang di letakkan pada atap bangunan sebuah masjid akan memberi kesan indah dan megah, selain itu juga sebagai penanda adanya tempat beribadah umat islam.
  • Kubah juga memberi tanda arah kiblat dari sisi luar dan reflektor cahayanya dapat menerangi sisi dalam pada ruangan masjid.
  • Menurut seorang pakar arsitektur bangunan, Jeffery O Hill mengatakan bahwa bangunan yang memiliki kubah di atasnya akan lebih baik dalam hal sirkulasi udara. Hal inilah mungkin yang menyebabkan masjid-masjid berhawa sejuk walaupun tanpa menggunakan penyejuk ruangan.

Masjid yang merupakan tempat ibadah umat islam saat ini mempunyai beraneka macam bentuk kubah yang sangat indah. Semakin banyaknya para arsitektur muslim yang menghasilkan berbagai karya yang sangat inovatif dan dengan diiringi berkembangnya ilmu arsitektur islam di dunia, maka hasil karya kubah menjadi sangat beragam.

Beberapa faktor yang mempengaruhi macam-macam bentuk kubah masjid, antara lain adalah:

  • Faktor daerah atau geografis regional dan budaya

Setiap daerah pastilah mempunyai ciri khas masing-masing yang mewakili daerahnya. Oleh sebab itulah faktor geografis regional dan budaya dari daerah di mana kubah itu dibuat menjadi pengaruh besar terhadap pembuatan kubah, misalnya kubah masjid di daerah Afrika Selatan dengan bentuk kubah yang bulat dan agak rendah, sementara di daerah Cina yang terdapat unsur arsitektur bergaya Cina pada kubahnya. Sedangkan di daerah India kubahnya berbentuk agak bulat dan di daerah Persia kubahnya berbentuk Bawang. Daerah Indonesia sendiri banyak mengadopsi bentuk-bentuk kubah yang bergaya timur tengah yaitu setengah lingkaran dan belakangan ini para arsitektur kubah di Negara kita sudah banyak memasukkan berbagai unsur dari daeran-daerah lainnya.

  • Faktor waktu pembuatan

Waktu pembuatan kubah juga menjadi faktor keberagaman hasil karya kubah tersebut. Masjid Qubbat as Sakhrah di Yerussalem menjadi masjid pertama yang menggunakan model kubah. Setelah itu mulailah bangunan masjid semua dilengkapi dengan kubah, hingga saat ini kubah seolah menjadi keharusan untuk sebuah bangunan masjid. Seiring berjalannya waktu, negara kita yang dulunya banyak mengadopsi bentuk-bentuk kubah dari timur tengah kini juga memasukkan bentuk-bentuk kubah bergaya Eropa, india, dsb.

Macam-macam bentuk kubah masjid yang bisa kita lihat sedikitnya ada 12 macam, yaitu :

1. Bentuk kubah oval / telur

Bentuk kubah telur / oval terlihat seperti belahan telur raksasa yang di belah secara horizontal sehingga bentuknya menjadi lonjong. Bentuk kubah oval ini banyak di jumpai pada bangunan-bangunan kuno di masa Barok Rococo.

2. Bentuk kubah bawang

Bentuk kubah bawang yaitu melengkung di bagian atas dan bawah kubah, kemudian di bagian atas kubah terlihat meruncing. Bagian bawah kubah juga terlihat lebih kecil seperti pangkal bawang. Kebanyakan masjid di Indonesia berbentuk seperti ini, di luar negeri banyak dijumpai pada gereja-gereja orthodox di Rusia.

3. Bentuk kubah berumbi

Bentuk kubah jenis ini sederhana, mirip separuh bumi tetapi pada bagian bawah sedikit memanjang dan bagian ujungnya meruncing seperti bentuk tunas umbi yang sedang tumbuh. Contohnya kubah pada bangunan Taj Mahal di India. Kubah dengan bentuk berumbi sebagian besar banyak di jumpai pada bangunan masjid di Mesir.

4. Bentuk kubah parabola

Bentuk kubah parabola lengkung namun tidak bulat penuh, bentuknya juga lonjong dengan ujung semakin mengecil. Kubah jenis ini hanya bisa dijumpai pada sejumlah bangunan kuno di Tattinu.

5. Bentuk kubah biara

Bentuk kubah biara agak berbeda jika dilihat dari luar tidak terlihat seperti kubah pada umumnya. Kubah ini akan terlihat layaknya sebuah kubah jika dilihat dari bagian bawah kubah. Bentuk dasar kubah ini adalah persegi, memiliki rangka sudut dan permukaan kubah berupa bidang lengkung.

6. Bentuk kubah payung

Bentuk kubah payung mempunyai lembaran-lembaran berbentuk lingkaran dan lengkungan yang membentuk kurva seperti sebuah payung.

7. Bentuk kubah bersusun

Bentuk kubah bersusun memiliki dua buah kubah pada satu atap yang di tumpuk. Kubah bagian bawah terlihat memiliki sisi yang melengkung, sementara bagian atasnya memiliki ujung yang runcing. Kubah jenis ini sudah jarang dijumpai. Kubah jenis ini banyak di jumpai pada bangunan-bangunan di masa Bizantium.

8. Bentuk kubah layar

Bentuk kubah layar memiliki 4 buah alas di mana masing-masing alas mempunyai rongga berbentuk setengah lingkaran. Rongga-rongga tersebut saling menyatu pada bentuk kubah bagian atasnya.

9. Bentuk kubah geodesik

Bentuk kubah geodesik bentuknya tak sepenuhnya bulat halus, melainkan terdiri dari banyak bilah datar yang menyatu hingga berbentuk polihedral. Cukup banyak masjid yang mempunyai kubah jenis ini tetapi sering diaplikasikan untuk bangunan monumen.

10. Bentuk kubah setengah lingkaran

Bentuk kubah setengah lingkaran memiliki bentuk seperti bola yang di potong. Kubah dengan bentuk seperti ini pertama kali ditemukan di Asyiria.

11. Bentuk kubah panah menyilang

Bentuk kubah panah menyilang ini pada bagian kolong kubah terdapat gatis-garis yang tidak saling memotong, melainkan saling bertemu di banyak titik sehingga membentuk pola geometris kotak. Beberapa garis ini kemudian seolah membentuk bintang.

12. Bentuk kubah piring tengkurap

Bentuk kubah piring tengkurap ceper dan hampir datar seperti piring saus. Berdasarkan para ahli dan para pengamat arsitektur kubah jenis ini adalah kubah paling stabil dan kuat, apalagi jika bahan dasar pembuatannya adalah dari beton. Kubah bentuk piring tengkurap ini sangat cocok untuk bangunan yang luas, Kekurangan dari kubah piring ini adalah kurang dapat meredam efek dari radiasi sinar matahari dikarenakan bentuknya yang ceper.

Inilah ke-12 macam-macam bentuk kubah masjid yang ada dan kita temui di seluruh penjuru dunia, yang menghiasi bangunan-bangunan tempat beribadah umat Islam.

Dari ke-12 bentuk kubah diatas, manakan bentuk kubah yang ada di kota anda?

Ada kemungkinan kedepannya ragam bentuk kubah ini akan terus bertambah jumlahnya seiring berkembangnya ilmu arsitektur di dunia. Apapun bentuknya, kubah-kubah yang menghiasi atap bangunan masjid akan selalu terlihat indah dan megah, selain itu juga selalu membawa aura positif dan optimis kepada siapapun yang datang untuk beribadah di dalamnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi siapapun yang membacanya, selain itu juga dapat menambah motivasi untuk selalu mengunjungi masjid-masjid dan beribadah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

This website uses cookies.